Jumat, 27 April 2012

Profil, Visi, Misi, dan Tujuan MA NURIS

Madrasah Aliyah Nurul Islam Pungging Mojokerto
Logo Madrasah Aliyah Nurul Islam

POFILE
Madrasah Aliyah Nurul Islam Pungging Mojokerto didirikan pada Tahun 2010 berbarengan dengen 3 lembaga lainnya yang dibawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Nurul Islam Pungging Mojokerto yaitu Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Diniyah dan Pondok Pesantren. Dengan rintisan awal pada kelas sepuluh, siswa pada MA NURIS ini adalah 30 siswa dengan jumlah pengajar atau guru sebanyak 16 pengajar.

MA. Nurul Islam di kepalai langsung oleh Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Islam sendiri. yaitu K. Ahmad Siddiq, S.E. dan beberapa wakilnya adalah Drs. Muhammad Jamil, MM (Wakamad Kurikulum), Abdul Majid S.Pd (Wakamad Kesiswaan), Drs. Munawar Purnomo putra (Wakamad Sarana Prasarana), Muhammad Sahlan S.Ag.S.Pd (Wakamad Humas). Karena pada tahun ini merupakan tahun pertama atau rintisan, jumlah pengajar tidak banyak. Tetapi antusias dan semangat para pengajar sangatlah besar. Wali kelas di pegang oleh Bu Febriyanti, S.Pd.

VISI
Madrasah pelopor IMTAQ dan IPTEK, teladan dalam pergaulan, dan unggul dalam prestasi

MISI
  1. Melaksanakan Proses Belajar Mengajar yang logis, kritis, terukur dan berorentasi problem solver
  2. Memberi suri tauladan (Uswah Hasanah) dalam sikap dan perilaku kehidupan sehari-hari;
  3. Menerapkan nilai-nilai keagamaan dalam seluruh aspek kegiatan;
  4. Melaksanakan pembinaan kedisiplinan dan keharmonisan warga madrasah;
  5. Melaksanakan kewajiban dengan senang hati dan lillahita’ala.

TUJUAN
  1. Terciptanya warga Madrasah yang disiplin dan berdedikasi.
  2. Terciptanya Proses Belajar Mengajar yang Efektif dan Efisien.
  3. Meningkatnya prestasi Madrasah dan Belajar Siswa.
  4. Tercapainya suasana yang harmonis-Islami antara warga Madrasah dan dengan lingkungannya.
  5. Terciptanya tamatan yang bisa diterima dilembaga pendidikan favorit dan masyarakat lingkungannya

CIRI KHUSUS MADRASAH
  1. Madrasah Aliyah (MA) Nurul Islam  adalah Islamic Boarding School (sekolah Islam berasrama), yang mengkombinasikan antara sistem sekolah dan pesantren, antara pendidikan IPTEK dan pembinaan IMTAQ.
  2. Kurikulum MA Nurul Islam adalah Kurikulum MA Plus, yang terdiri dari:a. Kurikulum SMA/MA (ilmu umum) secara penuh
  3. Kurikulum Pondok Pesantren (ilmu agama dan bahasa Arab)
  4. Bahasa Arab dan bahasa Inggris diusahakan menjadi bahasa percakapan harian dan bahasa pengantar pembelajaran ilmu-ilmu agama (bahasa Arab) dan sebagian ilmu umum (bahasa Inggris).
    Siswa mendapatkan pembinaan selama 24 jam (disekolah dan didalam pesantren) dalam berbagai aktifitas pengembangan diri, baik keagamaan, kegiatan ekstra-kurikuler, kedisiplinan, kepemimpinan, kemandirian, dan ukhuwah Islamiyah.