Rabu, 23 Maret 2016

Gambaran Umum Pondok Pesantren Nurul Islam Pungging


            Seiring tuntunan zaman akan lahirnya generasi Islam yang tangguh, cerdas dan berakhlak mulia dengan mempertahankan Sibghoh (karakter) Pesantren, maka Pondok Pesantren Nurul Islam Pungging konsisten dalam pendidikan santri-santrinya dengan teguh memegang prinsip dan nilai-nilai Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah serta beikhtiar melakukan adaptasi dengan dunia modern melalui pemanfaatan teknologi dan segala fasilitas penunjangnya sebagai implementasi dari falsafah “Al Muhafadhotu ‘Ala Qodimis Sholih wal Akhdzu bil Jadidil Aslah” (menjaga nilai-nilai kuno/tradisional yang baik, dan mengambil nilai-nilai baru/modern yang lebih baik).
            KH. Ahmad Siddiq, SE. MM. pendiri pondok pesantren Nurul Islam Pungging Mojokerto, mengambil pola pembentukan karakter santri dengan menggabungkan rana metode salafiyah yang khas dengan materi kurikulum pendidikan nasional yang unggul. Dengan begitu Pondok Pesantren Nurul Islam tidak hanya sebagai lembaga pendidikan semata, melainkan lembaga kepelatihan, lembaga keilmuan, lembaga bimbingan keagamaan, lembaga pemberdayaan masyarakat dan pada gilirannya menjadi simpul budaya.

          Untuk mewujudkan harapan mulia tersebut, pembelajaran di PP. Nurul Islam Pungging dikelola dengan managemen profesional melibatkan Guru/Asatidz yang kompeten dibidangnya (lulusan perguruan tinggi-pesantren ternama di Indonesia maupun luar negeri dan berkualifikasi S1, S2)